Minggu, 22 April 2012

Tips-Tips untuk mutasi PNS Antar Daerah (pengalaman pribadi)

Postingan ini hanya bermaksud untuk sharing & membantu apabila ada rekan-rekan yang membutuhkan informasi untuk mutasi istri/suami/saudara/keluarga, dll yang berstatus pegawai negeri. 

Berikut ini saya akan berbagi sedikit pengalaman berserta langkah-langkah yang pernah saya tempuh ketika mengurus pindah instansi dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Propinsi Nusa Tenggara Timur ke Pemerintah KAbupaten Tapanuli Selatan Propinsi Sumatera Utara.

Mungkin akan berbeda pada tiap instansi dan daerah, tergantung kebijakan masing-masing. Tapi setidaknya bisa diambil sedikit gambaran dari catatan berikut. Baiklah, mari kita mulai :

1. Syarat utama untuk mutasi,
Syarat utama & mutlak untuk dapat mutasi adalah anda seorang PNS.  Jadi,  seorang karyawan perusahaan swasta tidak bisa mutasi sebagai PNS. Bila tetap ingin menjadi PNS, maka ikutlah tes CPNS yang rutin diadakan setiap tahun.heuheu...

Surat yang akan kita persiapkan antara lain:
  1. Permohonan Pindah tugas, melampirkan: FC SK CPNS,FC SK PNS, FC Karpeg, DP3, FC Surat keterangan aktif, Rekomendasi dari tempat yang kita tuju, dan FC SK suami (jika alasan pindahnya karena mengikuti suami.) Surat ini ditandatangani oleh kita, dan disetujui (tanda tangan) oleh atasan langsung kita.
  2. Surat dari atasan langsung yang menyatakan tidak merasa keberatan dengan permohonan pindah kita,TT atasan langsung
  3. Daftar pengantar, TT atasan langsung.

2. Alasan untuk mutasi,
Hal terpenting untuk mentrigger/memulai proses mutasi adalah alasan yang tepat & kuat. Ada berbagai macam alasan yang bisa digunakan untuk mutasi, diantaranya adalah ikut pasangan (suami/istri), mendekatkan diri dengan keluarga, mengembangkan karir dan alasan-alasan personal lainnya.
Dari berbagai alasan tersebut, yang paling dapat diterima adalah ikut pasangan (suami/istri), yang pindah tugas atau bertugas didaerah lain. (walaupun saya dulu sebelum menikah menggunakan alasan mengembangkan karir dan melanjutkan pendidikan S2). Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan, akan lebih besar kemungkinannya untuk bisa mutasi, apabila pasangan kita tersebut bertugas sebagai pembela negara (TNI/POLRI). Sedangkan apabila pasangan kita sebagai PNS, tetap akan mendapatkan prioritas lebih, tapi tidak sebesar TNI/POLRI. saya mendapatkan prioritas yang kedua karena saya dan istri bekerja sebagai PNS. meskipun begitu pengalaman saya dan istri tidak bisa langsung berdua pindah/mutasi, sementara istri saya menjadi PNS titipan pada Pemerintah Daerah saya bertugas sekarang karena waktu itu istri saya masih CPNS. Insya Allah tahun ini istri saya mulai pengurusan mutasi/pindah secara definitif karena SK PNS 100% sudah terbit (tidak PNS titpan lagi).

3. Prosedur Mutasi
Apabila kita sudah mendapatkan alasan yang tepat untuk mutasi, maka kita bisa mulai untuk memasuki step-by-step proses dan prosedur untuk mutasi. Secara umum prosedur mutasi dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu:

 3.1 Menentukan tempat tujuan untuk mutasi
Tahap ini merupakan tahap yang paling awal dari proses mutasi, karena kita harus memastikan tempat tujuan mutasi kita ini adalah tempat yang tepat. Pertimbangan pemilihan tujuan mutasi sebaiknya memperhatikan kemudahan akses & perkiraan kebutuhan pada instansi tujuan kita. Misalnya, anda tinggal dikota A dan memiliki background Sarjana Peternakan. Kebetulan dikota tersebut sedang digalakkan budidaya perikanan & peternakan. Nah, ada baiknya anda mencoba untuk mengajukan mutasi ke dinas peternakan/perikanan, pemerintah kota A. Tentu saja sesuai dengan prosedur yang berlaku. tetapi pengalaman saya hampir di setiap Pemerintah Daerah biasanya penempatan tugas tidak memperhatikan lagi basic/latar belakang pendidikan kecuali yang spesifik dan bersifat sangat teknis seperti tenaga kesehatan.

3.2 Mencari informasi kualifikasi seperti apa yang sedang dibutuhkan ditempat tujuan
Setelah mendapatkan tempat tujuan untuk mutasi, saatnya sekarang menganalisa bagaimana kemungkinan kita bisa diterima ditempat tujuan. Caranya  bisa dengan menanyakan secara langsung ke user, atau pihak yang membutuhkan tenaga tambahan. Atau bila anda memiliki kenalan yang kebetulan berdinas diinstansi tempat tujuan Anda, maka anda bisa menanyakan apakah disana masih memerlukan tenaga tambahan, dengan kualifikasi yang kira-kira sesuai dengan anda.

3.3 Mengirimkan surat permohonan untuk mutasi
Setelah mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya dan selengkap-lengkapnya, mengenai tempat tujuan mutasi dan gambaran kebutuhan disana, kita dapat mulai untuk mengirimkan surat permohonan untuk mutasi. Surat permohonan mutasi ini ditandatangani oleh pemohon & diketahui oleh pimpinan tempat tugas kita sebelumnya (boleh juga tanpa diketahui pimpinan). surat tersebut ditujukan kepada pimpinan daerah misalnya Bupati/Walikota (untuk pemerintah Kab/Kota) atau Gubernur (untuk pemerintah provinsi), melalui BKD (Badan Kepegawaian Daerah) atau bagian kepegawaian. saran saya sebaiknya jangan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) karenan biasanya akan memakan waktu yang sangat lama, coba langsung ke Bagian Umum setda agar dapat langsung perintah Disposisi ke BKD. Setelah mengirimkan surat tersebut, sebaiknya kita rajin menanyakan ke BKD apakah sudah ada perkembangan/bagaimana status surat permohonan kita.

3.4 Response dari Instansi tujuan mutasi
Setelah surat permohonan kita masuk ke instansi terkait, maka seharusnya pihak BKD memproses surat kita tersebut. Biasanya prosesnya memakan waktu dari beberapa minggu sampai beberapa bulan, tergantung dari birokrasi didaerah masing-masing. Response dari instansi tujuan mutasi adalah bersedia menerima permohonan kita atau menolaknya. Bila menerima (keluar surat lolos butuh), maka kita akan diminta untuk mengurus administrasi selanjutnya, sedangkan bila permohonan kita ditolak, maka kita sebaiknya mencari instansi lain yang sekiranya mau menerima.


 3.5 Mengurus surat persetujuan dari instansi asal untuk melepas
Setelah menerima surat lolos butuh dari instansi tujuan, maka kita harus mengurus surat persetujuan untuk melepaskan kita dari instansi asal. Misalnya kita sebagai PNS di pemerintah kota atau kabupaten (tingkat 2), maka kita harus mendapatkan surat persetujuan dari kepala daerah (atau yang mewakilinya) baik dari tingkat 2 (kota/kabupaten) dan tingkat 1 (provinsi) daerah asal kita. surat pelepasan ini akan dikeluarkan bersama dengan surat pengantar dari BKDD tempat asal kita untuk selanjutnya di bawa ke propinsi ( apabila kita pindah dari kabupaten/kota).

3.6 Pengurusan SK mutasi dari BKN Regional dan Nota Dinas Penempatan
 
Ok, sekarang ceritanya kita sudah mengantongi surat dari BKDD, yaitu :
“Surat Rekomendasi Pindah Tugas yang ditujukan kepadaYTH. Bapak Gubernur Cq. Kepala BKD Propinsi.”
Tapi tunggu, jangan buru-buru kabur dulu. Kita akan disuruh mengurus:
“Surat Keterangan dari Inspektorat Daerah bahwa kita tidak terkait dalam suatu kasus dan belum pernah mendapatkan sanksi hukuman disiplin sesuai dengan PP No. 30 tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin PNS”
Kalau memang kita tidak ada masalah dengan hal di atas, mengurus ini tidak lama. Tinggal datang ke kantor Badan Pengawas Daerah, masukkan data, keluar deh. Oya, buat rekan-rekan yang mau menjalankan ‘trik kerusuhan’ agar bisa dipindahkan ‘karena bos tak tahan dengan ulah kita’ hati-hati saja, kalau dapat sanksi disiplin PNS, bisa-bisa nanti tersangkut di surat yang ini.
Nah, dengan tetap tidak melupakan daerah yang kita tinggalkan (karena masih ada satu surat yang penting banget yang akan diselesaikan, tapi ntar dulu..) berarti segala Surat Pengantar dari tingkat Kabupaten kloplah sudah. Kita melangkah ke Propinsi. Surat-surat tadi kita antar ke BKD Propinsi bagian mutasi.
Jika surat-surat kita beres, di sini tidak akan memakan waktu lama, ya sekitar semingguanlah. Dan kita akan diberikan surat:
“ Perihal: Persetujuan pindah antar instansi kepada Yth. Gubernur Cq. BKDD”
Selesai? Belum. Perjuangan masih panjang.

 
Sekarang kita akan berangkat menuju tempat pindah yang kita tuju. Sesampai di sana, berkas-berkas kita yang sudah setumpuk itu dibawa ke BKD Propinsi. Kembali ke bagian Mutasi. Di bagian ini Surat-surat kita akan diperiksa dengan seksama. Termasuk DP3 asli. Tapi tidak perlu khawatir, kelengkapan berkas jelas yang utama. Kalau beres, kita akan diberi:
“Surat perihal: Usul Pindah Kepada Yth. Kepala Kantor Regional BKN”
So, perjalanan kita berlanjut ke Badan Kepegawaian Negara, yang sudah dibagi berdasarkan wilayah (regional).
Di sini berkas kita juga akan diperiksa dengan teliti dan data kita akan dicek ke basedata BKN. Saran buat rekan-rekan PNS, jika ada pengisian-pengisian data secara berkala yang diberikan ke kita dari pihak BKD supaya jangan lalai hingga tidak mengisinya, karena ternyata hal itu sangat penting untuk memperbaharui data base kita.
Alhamdullillah selesai, berarti kita akan mendapatkan
“SK Pindah dari BKN”
SK inilah yang kita bawa ke BKDDaerah tempat kita akan bertugas. BKDD nanti akan mengeluarkan:
“Surat Perintah Walikota/Bupati untuk penempatan di bagian Dinas apa kita akan ditempatkan.”
Dan kemudian dinas mengeluarkan
“Nota Dinas”
Untuk menindaklanjutinya penempatan selanjutnya.
Beres! Ups, tunggu…Untuk bisa gajian di tempat baru ini, kita harus meminta
“ Surat Keterangan Penghentian Pembayaran dari Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah” Dari tempat kerja sebelumnya. Dengan dikeluarkannya surat ini berarti rekan-rekan tak lagi menerima gaji di tempat asal, segeralah mengurus penerimaan gaji ditempat yang baru.
Oya, jangan lupa, pindah tempat kerja walaupun jauh sejauh jauhnya jangan melupakan apalagi meninggalkan kesan tidak baik di tempat kerja lama, karena dunia ini sempit…. Suatu saat mungkin kita akan kembali ke sana…
Sementara demikian dululah dari saya. Mohon maaf jika ada yang  keliru, dan mohon ditambahkan bila ada yang kurang. Sekedar hanya ingin berbagi pengalaman dengan rekan-rekan semua.
Ok,… Sukses…

*Semua surat2 ada tembusannya, yang harus kita sampaikan ke alamatnya masing2.
*Urusan kepindahan ini di atur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 09 Tahun 2003 Tentang Kewenangan Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil.

92 komentar:

  1. Bang darwis, saya ingin memindahkan istri saya dari pemda lampung ke pemda deli serdang. Kebetulan istri saya guru SMP. Bagaimana langkah saya pertama kali? apakah abang memiliki channel untuk itu? Trims

    Yahya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bg Yahya sebelumnya maaf bru bls skrg,..
      Klo channel sy gk bisa bantu,.
      Tapi hal pertama yg hrus abg lakukan bersama kakak adalah membuat
      Surat Permohonan untuk mendapat Surat Rekomendasi dari Bupati (biasa disebut Surat Butuh Lulus) seperti yg sy posting diatas,..

      Hapus
    2. salam kenal bang darwis dan bang yahya,
      nama saya thoriq mau mutasi dari jepara ke boyolali untuk mendekatkan pada Ortu n keluarga.
      mohon dikirim contoh format2nya bang, terimakasih. semoga Allah selalu memudahkan urusan kita.
      tlg dikirim ke thoriqherbalis@gmail.com

      Hapus
  2. ada format surat2 nya yah???? apa bisa dikirim ke email saya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Kurnia : ada, insya Allah sy bisa bantu kirim,..

      Hapus
    2. saya juga mau dong bang dikirim berkas2 pengajuan mutasi beserta surat2nya
      kirim ke email (cobabisnis7@gmail.com). makasih sebelumnya semoga bermanfaat

      Hapus
    3. saya juga mau dong bang dikirim berkas2 pengajuan mutasi beserta surat2nya
      kirim ke email (thoriqherbalis@gmail.com). makasih sebelumnya semoga Allah membalas kebaikan saudara. :-)

      Hapus
    4. saya juga mau dong mas dikirim berkas2 pengajuan mutasi beserta surat2nya
      kirim ke email kyokochan69@gmail.com
      terimakasih sebelumnya mas, semoga allah membalas kebaikkan mas....

      Hapus
    5. mas aris,... minta tolong sy juga di kirimkan formatnya dong,... di email: maman.mamancool.cool@gmail.com atau suryatmanmaman@rocketmail.com,... makasih :)

      Hapus
    6. Salam kenal...
      Mohon bantuanya jg mas, klo masih bisa dikirimin jg formatnya ke siiparez@gmail.com
      sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih..

      Hapus
    7. mas aris boleh jg dong dikirim ke email : michael.f.akay@gmail.com. terima kasih banyak bantuannya

      Hapus
    8. mas aris mohon bantuannya sya jg sangat membutuhkan formatnya,jdi tlong q jg dkirimi ke mus.kist182@gmail.com,terima kasih banyak mas aris

      Hapus
  3. terimakasih atas bagi pengalamannya bang..ane juga mau pindah ke kota. sudah 6 tahun sejak pengangkatan di kabupaten. pencerahan suasana sekalian mendekatkan diri dengan keluarga & orang tua.

    BalasHapus
  4. Terimakasih Bang Informasinya,,, !!! Semoga apa yg kita perbuat selalu ada dalam lindungan dan keberkahan,,, amin

    BalasHapus
  5. saya boleh minta format surat2nya? kebetulan sedang mau mengurus mutasi,, trimakasih sebelumnya.. email : jejenuni@gmail.com

    BalasHapus
  6. Bang Darwis, saya kebetulan juga sedang proses mengurus mutasi antar instansi vertikal. sekarang proses saya sudah jalan melengkapi berkas termasuk surat lolos butuh dr instansi yg dituju hingga instansi asal. yang mau saya tanyakan..dulu bang Darwis brp lama ya prosesnya dari berkas masuk ke BKN sampai SK mutasi keluar. trimakasih infonya bang

    BalasHapus
  7. Mas, mnt format suratnya ya, sy juga berencana mutasi dr pemkab ke pemko, neh email sy, mufie19@gmail.com

    BalasHapus
  8. salam kenal mas, kalau tidak keberatan mohon format suratnya dikirim ke email saya, handebur1977@gmail.com.
    terimakasih

    BalasHapus
  9. lam kenal mas...
    bole minta krm format surat na k email saya jg y mas...
    pucca.garuu.pg@gmail.com

    thx b4 y mas...
    cz saya jg mw usul mutasi niy mas...

    BalasHapus
  10. Bang, mnt dikirimi format suratnya ya, sy juga berencana mutasi antar provinsi,email sy, radit_ryanto@yahoo.com

    mksh bgt sebelumny...
    smg sukses sllu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pns upt kementerian di surabaya, pengin pindah ke instansi lain, barang kali ada pns daerah atau pusat yang mau pindah ke surabaya, saya harapkan segera menghubungi saya untuk barter.
      kualifikasi pns: sarjana hukum atau administrasi negara atau sosial, usia , masih produktif 23-50 tahun, laki-laki atau perempuan, aktif bersemangat.
      kalo ada yang nyerempet kualifikasi tersebut, tolong hub saya di pyuwono.yuwono@gmail.com. terima kasih

      Hapus
  11. bang tolong format suratnya,soalnya saya mau pindahkan istri saya dari Nias ke Medan.
    arius_h24@yahoo.com

    BalasHapus
  12. Kalau mutasinya dari PNS pusat ke Pemprov, prosesnya gimana ya mas? apa hampir sama aja? kalau boleh saya minta contoh surat2 tersebut. terimakasih banyak sebelumnya :)
    andirinaamelia@gmail.com

    BalasHapus
  13. Mhn bantuanya mas, sy jg mau minta contoh surat2 tersebut.
    Email sy budisidik@gmail.com
    Mksih..

    BalasHapus
  14. maaf mas, klo mutasi dr pns pusat ke pemda lebih mudah kah?
    boleh saya minta format surat2 yang diperlukan mas?
    makasih...
    ariziku@gmail.com

    BalasHapus
  15. Mohon arsip surat2nya baik ajuan or balasan
    Proses mutasinya,trims bgt via(ndayaki@yahoo.com)

    BalasHapus
  16. saya jg ingin mencoba mutasi bang..
    boleh saya minta format surat2nya?
    thanks b4

    pandiangan85@gmail.com

    BalasHapus
  17. mohon dishare surat-suartnya, toto82_kla@yahoo.com, sy juga sedang pengen mengurus.. trikasih

    BalasHapus
  18. bang boleh minta dishare juga ya contoh surat2nya ke saya
    saya lagi mau ngurus pindah jua
    ke fajrihelmi@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  19. salam kenal mas..
    kalau tdk keberatan tolong share donk format suratnya..ke email sy
    utedz66@gmail.com
    trimksh sblmnya..

    BalasHapus
  20. Share dong file file nya ??
    anarsitek@yahoo.co.id

    BalasHapus
  21. salam kenal mas..boleh minta file untuk mutasi dung mas....saya mau mutasi dari kab madiun ke mojokerto....thanks.... email : sefrik11@gmail.com

    BalasHapus
  22. saya minta tolong format surat2 nya dong mas,,
    minta tolong kirimkan ke email saya ya mas,,sariseptiniska@gmail.com
    saya mw pindah dari pemprov sumut ke pemprov sumbar,,kebetulan ada butuh di bappeda sumbar sesuai dg lulusan sarjana saya..
    trims sebelumnya

    BalasHapus
  23. salam kenal bang..
    kalau tdk keberatan tolong share format suratnya baik dari daerah asal maupun balasan dari daerah yg dituju..ke email sy: thezoeankgie@gmail.com

    trimkasih sblmnya...

    BalasHapus
  24. mas, sy jg ada rencana mngajukan mutasi. mhn minta dikirim file /format suratnya.
    dweeprast@gmail.com
    trm kasih.

    BalasHapus
  25. mas saya juga minta ya....mahdiragil@yahoo.co.id..terima kasih

    BalasHapus
  26. mas saya juga mau mutasi ikut suami...boleh minta contoh formatnya??
    mohon email ke vee_smart@yahoo.com
    Makasih...

    BalasHapus
  27. Bang,trims atas infonya.saya bisa minta formatnya?mohon ke email: kikinauly@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  28. Mas saya mohon dikirim surat2 Mutasinya ke email saya. putu.niki@gmail.com. Thank

    BalasHapus
  29. mas klo boleh minta tolong format surat2 mutasinya ,utamanya yang dibuat sendiri oleh pemohon, ... makasih (email saya : batariapasong@yahoo.com)

    BalasHapus
  30. Mohon maaf ....saya boleh minta format surat2nya? kebetulan sedang mau mengurus mutasi,, trimakasih sebelumnya.. email :rajatamrin@gmail.com

    BalasHapus
  31. Infonya penting banget, saya sudah lama ada rencana mutasi antara kabupaten tapi beda propinsi. tolong mas saya minta contoh surat-suratnya dikirim ke owry_rifar@yahoo.co.id. terima kasih sebelumya.........

    BalasHapus
  32. tolong mas saya juga minta format surat-suratnya dan dikirim ke tasminsyachrir@gmail.com. terima kasih.

    BalasHapus
  33. minta tolong dong e-mail contoh contoh surat pengajuan dan surat balasan dari walikota/kabupaten surat rekomendasi/lolos butuh)
    saya baru ngurus pindah istri saya/guru SMP, pindah lain provinsi mengikuti suami...
    setiap kali istri mengajukan surat selalu di ombang-ambing dengan jawaban yg gak jelas...tolong ya..makasih
    kristantodan@gmail.com

    BalasHapus
  34. saya juga mas minta contoh surat2nya untuk mengurus mutasi istri saya, kalau ada contoh surat dari atasan suami.. ke pondokrinjani@gmail.com

    BalasHapus
  35. berapa minimal qt usul mutasi setelah diangkat diangkat jadi pns?

    BalasHapus
  36. Bang kalo mcm sy dr kesehtn d daerh yg d tuju sudh mw mnerima..hbs it k dins kshtn y ?apa lngssg BKD?kal sma2 1 provinsi hrs k bkn kh?trims

    BalasHapus
  37. Mohon dikirimkan jg format surat2nya ke emali saya: co_nand@yahoo.com
    Trimksh

    BalasHapus
  38. saya juga mau dong bang dikirim berkas2 pengajuan mutasi beserta surat2nya
    kirim ke email (cobabisnis7@gmail.com). makasih sebelumnya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  39. saya juga mau dong mas dikirimkan format surat@ pengajuan mutasinya ke email michan300404@yahoo.co.id. thanx before

    BalasHapus
  40. salam kenal mas darwis...sy jg mau minta contoh surat-surat pengajuan mutasi tugas..alamat email sy... mishhuda@gmail.com trima ksih sblumnya..

    BalasHapus
  41. Mas Darwis,,,informasi yang sangat bermanfaat bagi saya,,,mohon berkenan untuk mengirim contoh berkas-berkasnya ke email saya,,,djaykerz@gmail.com,,,,terimakasih,mas,,,,

    BalasHapus
  42. mas kalo berkenan tolong kirim contoh berkasnya ke emai saya budibachtiar13@yahoo.co.id htr nhn

    BalasHapus
  43. mas, ada biaya ny gak..
    tlong kirimi jga ya data2 nya..
    crixalis_xs@yahoo.co.id

    BalasHapus
  44. mas bisa tolong kirimkan format surat persetujuan mutasi pindah, email sy helmydinong@gmail.com

    BalasHapus
  45. makasih infonya sangat bermanfaat bisa minta surat surat pengajuan mutasi bang di email hananmilardi@rocketmail.com

    BalasHapus
  46. Buat teman2 yang minta diemailkan, mohon maaf karena kesibukan di Kantor saya tidak punya banyak waktu membuka blog ini dan baru sekarang membukanya..

    bagi yang masih butuh surat2 diatas
    message (jangan wall) ke Facebook saya "Ariez Darwis"
    atau ke email saya dhar_ariez@yahoo.com

    BalasHapus
  47. mas kita juga pingin pormatnya dong pindah dari kabupaten ke Kota tolong kirim ke email sababariba@gmail.com ya..

    BalasHapus
  48. Mas Butuh Lama Untuk Mutasi Dari Awal Pengangkatan PNS ? ? ?

    BalasHapus
  49. bang, bisa minta contoh format suratnya? ogest3nd@yahoo.com

    BalasHapus
  50. Minta formatnya bang....kirim ke yoseptandi@gmail.com

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. salam kenal bang, nama saya thoriq mau mutasi dari jepara ke boyolali untuk mendekatkan pada Ortu n keluarga.
    mohon dikirim contoh format2nya bang, terimakasih. semoga Allah selalu memudahkan urusan kita.
    tlg dikirim ke thoriqherbalis@gmail.com

    BalasHapus
  53. Salam kenal pak...., saya masyhuri juga lagi mo mengurus mutasi dari jakarta ke jawa timur buat istri saya. karena saya tinggal di surabaya. saya mohon dikirim contoh format2nya pak, terimakasih.tlg dikirim ke masyhuri_its@yahoo.com

    BalasHapus
  54. Makasih kiriman formatnya bang....

    BalasHapus
  55. salam kenal pak.. saya ipan ada rencana mau mutasi jg. mohon bisa mengirimkan contoh format2 surat yg diperlukan untuk pengajuan mutasi saya ke e-mail: ipanparins@gmail.com ....terimakasih banyak sebelumnya. wassalam

    BalasHapus
  56. mohon formatnya pak bisa di kirim ke e-mail: witajo@ymail.com .... karena kakak sy sangat membutuhkannya pak. terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  57. Salam kenal mas... sy mw donk infonya... sy jg berencana pindah dr babel kejakarta.. share berkas mutasinya jg ke mayasyblee@gmail.com. thx u

    BalasHapus
  58. Salam kenal...
    Mohon contoh formatnya bisa diemail ke mirson.irwin@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  59. Terimakasih atas infonya...
    saya boleh minta format surat-surat di atas? jika berkenan, mohon kirim ke riahermawati@gmail.com
    terimakasih mas... :))

    BalasHapus
  60. mas aris,... minta tolong sy juga di kirimkan formatnya dong,... di email: maman.mamancool.cool@gmail.com atau suryatmanmaman@rocketmail.com,... makasih :)

    BalasHapus
  61. makasi atas infonya...saya boleh minta format-format surat yg dibutuhkan untuk pengajuan mutasinya.mohon dikirimkan ke email : friadhini@gmail.com
    terimakasi mas..

    BalasHapus
  62. pak aris.... bisa minta format surat-surat yang dibutuhkan untuk mutasi? mohon dikirin ke email sy kayla2606@ymail.com.. terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  63. pak aris.... terima kasih sebelumnya ,, atas tips2...mutasinya,,,,, boleh saya minta contoh format surat /syarat yg di butuh kan untuk mutasinya... kebetulan suami saya,,, ada rencana pindah dr kab, aceh timur k kota pematang siantar..... trima kasih banyak... atas bantuannya email : ronacitra@gmail.com

    BalasHapus
  64. pak aris bisa minta format-format surat yang di butuhkan untuk pengajuan mutasinya.....mohon dikirim ke email saya dhlukisanto@gmail.com terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  65. Bang bisa minta dikirimkan contoh surat surat mutasinya ke email erni.widiati@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
  66. salam kenal mas... bisa bantu kan mas, mohon dikirimkan contoh surat2 mutasinya ke email saya ya... roosianty@gmail.com
    terima kasih atas bantuan nya mas... :)

    BalasHapus
  67. Assalammualaikum...salam kenal..,,Mas
    Saya bisa minta tolong dikirim contoh format2 nya kan?
    Emailsaya. indria.velutina@yahoo.com
    Saya pinah dari RSUD slah satu kabupaten di Jambi ke Dinkes Prop.Sumbar
    Terima kasih ya ,atas abntuannya..

    BalasHapus
  68. numpang share ya bang,,,
    baca juga yg ini gan.. proses mutasi tanpa duit sepeser pun http://amrimu.blogspot.com/2013/07/proses-mutasi-pns-antar-propinsi.html

    BalasHapus
  69. Pak saya saat ini masih bertugas di Pemko Binjai dan ada rencana untuk pindah tugas ke Pemko Medan atau Provinsi Sumut, saya sudah minta ijin sama Kadis, selanjutnya apa yang harus saya persiapkan? Saya sangat membutuhkan contoh surat yang diperlukan seperti surat pengajuan mutasi PNS antar daerah atau ke Provinsi. Tolong Bapak kirim ke email saya lomosong@yahoo.co.id atau tpa.mencirim@yahoo.co.id. Terima Kasih Pak

    BalasHapus
  70. salam kenal mas..boleh minta file untuk mutasi dung mas....thanks.... email : jumhe_11@yahoo.co.id

    BalasHapus
  71. Halo, saya Mrs Jennifer John, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup pinjaman kesempatan waktu. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (jenniferjohn536@gmail.com)

    BalasHapus
  72. Asskum... salam kenal,,. trimakasih bermanfaat skali, mohon utk kirim formatnya ya ke- adinmalajie@gmail.com

    BalasHapus
  73. Halo, saya Mrs Jennifer John, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberi hidup pinjaman kesempatan waktu. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (jenniferjohn536@gmail.com)

    BalasHapus
  74. Halo,
    Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman Anda pada tingkat bunga 3%. Ada banyak di luar sana untuk mencari kesempatan keuangan atau bantuan seluruh tempat dan masih belum mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini. Layanan ini membuat untuk baik perorangan, perusahaan, bisnis pria dan wanita. Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email: rodrigoluliloanfirm@yahoo.com

    INFORMASI PERTAMA YANG DIPERLUKAN
    Nama Lengkap:
    Personal Nomor Telepon:
    Negara:
    negara:
    Umur:
    Yang telah diterapkan sebelumnya?:
    Status Pernikahan:
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai pinjaman:
    Jangka waktu pinjaman:
    Pekerjaan:
    Penghasilan Bulanan:

    Saya dengan senang hati menunggu tanggapan cepat Anda,

    Salam hangat,
    Mr Rodrigo Luli

    BalasHapus
  75. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai sebuah bisnis? Apakah Anda memiliki bisnis dan Anda membutuhkan pinjaman untuk pembesaran bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan finansial dan Anda membutuhkan pinjaman??? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang Anda? Apapun masalah pinjaman Anda mungkin, inilah bantuan Anda karena kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah dan terjangkau. Hubungi kami hari ini di: rick_nelly121@outlook.com untuk lebih jelasnya.

    BalasHapus
  76. http://amrimu.blogspot.com/2014/03/contoh-surat-permohonan-mutasi-pns-ke.html

    BalasHapus
  77. Halo, saya Mrs Emmanuel Ruth, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (emmanuelruth536@gmail.com)

    BalasHapus
  78. Halo, saya Mrs Emmanuel Ruth, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (emmanuelruth536@gmail.com)

    BalasHapus
  79. Assalam...wr...wb...
    Untuk rekan2 yang telah membaca blog saya dan benar2 serius dan masih membutuhkan format surat pindah PNS antar daerah, sekalian contoh surat yang diterima dari instansi terkait, silahkan transfer Rp.100ribu (keperluan biaya ketik, scan dan internet)
    ke rekening BNI : 0201907985 an. Darwis
    secepatnya saya kirimkan setelah konfirmasi transfer saya terima via sms ke 081370930543 pin BBM 7E8E78C0 atau email dhar_ariez@yahoo.com
    Terimakasih.

    BalasHapus